Tiga Bentuk Masalah dalam Konseling Islam
Nadhifatuz Zulfa

Senin, 06 Feb 2023 | 14:46:33 WIB - Oleh Administrator

Assalamualikum Sahabat Sejati...

Manusia pasti punya masalah. Maasalah yang menimpa manusia adalah hasil dari perbuatannya sendiri, sebagaimana dalam Al Qur'an surat Asy Syuro ayat 30:

Artinya:

"Dan musibah apa pun yang menimpa kamu adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan-kesalahanmu)"

Maka, dalam konseling Islam, masalah dibedakan menjadi tiga, yaitu:

1. Masalah sebagai Ujian atau Cobaan

Masalah dengan tipe ini dialami oleh orang yang beriman dan bertakwa. Dia masih menjalankan kewajibannya sebagai seorang hamba Allah dan senantiasa berbuat baik kepada sesamanya. Jadi, masalah yang dialami adalahs ebagai bentuk ujian keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT. Solusi yang diambil dari masalah yang sedang dialami adalah dengan tetap menjadi hamba Allah yang baik dan taat. Jika dia lulus dari ujian atau masalah yang dialami, maka derajat keimanan dan ketakwaannya meningkat di hadapan Allah. 

2. Masalah sebagai Teguran

Masalah dengan tipe ini dialami oleh orang beriman yang masih melakukan dosa kecil. Dia masih menjalankan kewajiban sebagaimana seorang hamba kepada Tuhannya, yaitu beribadah, namun dia masih melakukan perbuatan-perbuatan maksiat yang berupa dosa kecil. Maka jalan satu-satunya yang harus ditempuh agar dia segera mendapat solusi dari permasalahannya adalah dengan cara meninggalkan perbuatan maksiatnya, mohon ampun kepada Allah, menjalin hubungan baik kepada sesama dan menjadi muslim yang lebih taat beribadah.

3. Masalah sebagai Adzab

Masalah dengan tipe ini dialami oleh orang yang melakukan dosa besar. Jalan satu-satunya untuk bisa keluar dari masalah yang sedang dialami, atau jika ingin permasalahannya mendapat solusi yang terbaik dari Allah, maka orang tersebut harus bertaubat. Menyesali dengan segenap jiwa raga akan perbuatan dosanya, berjanji tidak akan mengulangi dan menjadi muslim yang lebih taat beragama.

Semoga kita senantiasa dijaga oleh Allah dari perbuatan-perbuatan dosa, dan diampuni oleh Allah dosa-dosa yang telah lampau.




Silahkan Login untuk Memberikan Komentar!